WAKTU

7.16.2008

Instalasi USB Wireless LAN D-Link Type DWL-G122 pada Ubuntu 8.04

Saya telah berhasil menginstalasi USB Wireless LAN D-Link Type DWL-G122 pada Ubuntu 8.04 sehingga dapat mengakese internet dari salah satu hotspot yang ada di Kota Ambon. Tahapan cara yang saya lakukan secara singkat adalah sebagai berikut :
1. Instalasi Ubuntu Desktop 8.04 (USB WLAN DWL-G122 sudah terpasang pada port USB 2.0 dan diarahkan pada antena hotspot yang ada)
2. Install Ndiswrapper
3. Install program Wine
4. Setup driver WLAN DWL-G122 melalui Wine
5. Kopi File NetA3AB.inf yang ada pada folder .Wine ke Desktop
6. Buka Terminal
7. Ketik cd ~/Desktop lalu Enter
8. Ketik sudo ndiswrapper -i NetA3AB.inf lalu Enter
9. Ketik sudo ndiswrapper -m lalu Enter
10. Ketik sudo iwlist scan lalu Enter maka saya memperoleh data ESSID yang ada (sebagai tanda bahwa instalasi driver telah berhasil)
11. Kemudian saya setting network secara manual.
12. Barulah saya dapat berinternet melalui Mozilla Firefox yang ada pada Ubuntu 8.04.

Catatan:
Sampai sekarang saya tetap menggunakan Ubuntu 8.04 untuk akses internet melalui salah satu hotspot berlangganan yang ada di kota Ambon. Saya mencoba membandingkan akses internet menggunakan Windows XP SP2 (bajakan) dan Ubuntu 8.04 pada komputer dan WLAN yang sama. Hasilnya adalah bahwa akses internet dengan Ubuntu 8.04 ternyata lebih cepat. Terutama apabila saya mengakses internet pada siang hari, dengan Windows XP saya tidak dapat login, sedangkan dengan Ubuntu 8.04 saya masih dapat login.

No comments:

Post a Comment

BIODATA GW NICH...?????

Jakarta, Islam, Indonesia
Aku ingin slalu bisa membahagiakan orang2 yang berada disekitar ku