WAKTU

7.01.2008

MEMBUAT DAFTAR ISI OTOMATIS MS WORD

Daftar isi merupakan daftar judul yang disertai dengan nomor halaman tempat judul itu berada. Daftar isi merupakan bagian terakhir yang dikerjakan pada saat membuat dokumen ilmiah misalnya Tugas Akhir, yaitu setelah semua dokumen selesai diketik kemudian diberi nomor halaman maka tahap akhir adalah membuat daftar isi sesuai dengan isi dokumen. Kesulitan yang mungkin timbul pada saat membuat daftar isi secara manual adalah pada saat dokumen yang dibuat ternyata harus mengalami perubahan isi baik berupa penambahan atau pengurangan isi maka secara otomatis akan mempengaruhi daftar isi yang sudah dibuat sebelumnya.

Untuk menghindari kesulitan membuat daftar isi, dapat memaksimalkan fasilitas yang dimiliki oleh Microsoft Word, dengan catatan dokumen yang dibuat terlebih dahulu diformat dengan menggunakan fasilitas Style dan heading atau jika tidak bisa menggunakan pengaturan Outlining. Berikut ini ada 3 (tiga) bahasan seputar membuat daftar isi.

A. Membuat Daftar Isi berdasarkan Heading dan Style (Format Otomatis)
Langkah-langkah untuk membuat daftar isi :
1. Taruh titik sisip pada posisi dilembar daftar isi.
2. Dari menu Insert kemudian pilih Reference kemudian aktifkan fasilitas Index and Tables.
3. Dari jendela Index and Tables aktifkan tab Table of Content
4. Kemudian tampilan daftar isi dapat diformat dengan memilih beberapa kotak chek box seperti :
- show page number : untuk menampilkan nomor halaman pada daftar isi
- right align page numbers : posisi nomor halaman pada sebelah kanan lembar kerja
- use hyperlink instead of page number : jika diaktifkan maka hyperlink diaktifkan artinya jika menekan tombol ctrl+klik mouse pada teks maka secara otomatis akan menampilkan lembar tempat teks tersebut.
- bentuk leader dapat dipilih menggunakan tombol drop down pada field Tab Leader
- tampilan daftar isi dapat diformat dengan menggunakan tombol drop down pada field Formats
5. Untuk format lebih lanjut dapat menggunakan tombol Modify, disini bisa diatur berdasar TOC (table of content = judul tingkat…) sesuai kebutuhan.
6. Jika telah selesai klik tombol OK.

B. Membuat Daftar Isi berdasarkan style lain
Jika dalam membuat dokumen tidak menggunakan pemformatan otomatis (Style dan Heading) maka tetap dapat dibuatkan daftar isi otomatisnya yaitu ada 2 (dua) langkah yang harus dikerjakan:

I. Atur format Outlining
1. Aktifkan dokumen yang akan dibuatkan daftar isi
2. Kemudian aktifkan toolbar Outlining dari menu view/toolbar
3. Letakkan kursor/sorot pada teks yang akan ditampilkan dalam daftar isi seperti nama bab, nama sub-bab
4. Kemudian dari toolbar Outlining pilih level untuk teks tersebut
5. Lakukan pada semua judul dan sub-judul yang lain

II. Membuat daftar isi
Setelah mengatur posisi judul dengan menggunakan outlining maka untuk membuat daftar isi lakukan langkah-langkah berikut :
1. Aktifkan jendela Index and Tables dari menu Insert/Reference
2. Aktifkan tab Table of Content
3. kemudian pilih tombol OPTION
4. Isi TOC level untuk mengatur level mana saja yang akan ditampilkan dalam daftar isi dan posisinya
5. Setelah itu atur format tampilan dan lainnya seperti pada cara membuat daftar isi menggunakan Style dan heading
6. Kemudian pilih tombol OK

C. Memperbarui isi daftar isi
Dalam suatu kondisi dokumen yang telah dibuatkan daftar isi mengalami perubahan (pengeditan) bisa berupa penambahan materi sehingga terjadi perubahan nomor halaman atau perubahan lain sehingga menimbulkan ketidaksesuaian antara daftar isi yang telah dibuat dengan isi dokumen sekarang maka yang harus dilakukan adalah bukan menghapus daftar isi yang telah dibuat tetapi dengan melakukan update daftar isi sehingga daftar isi yang ada sesuai dengan isi dokumen yang sekarang yaitu dengan cara :
1. Klik kanan pada teks dalam daftar isi yang telah dibuat
2. Pilih perintah UPDATE FIELD
daftar isi
3. Kemudian akan tampil jendela Update Table of Content yang meminta untuk memilih apakah yang yang diupdate adalah page number only (hanya nomor halaman) atau entri table (untuk menambah judul pada daftar isi). Pilih salah satu pilihan yang ada kemudian klik tombol OK.
4. secara otomatis daftar isi yang sekarang akan menyesuaikan dengan dokumen yang telah diedit tersebut

1 comment:

  1. Tips buat daftar isi di word gw praktekin tdk bisa2 tp mungkin lo pada bisa tp di coba aj dulu

    ReplyDelete

BIODATA GW NICH...?????

Jakarta, Islam, Indonesia
Aku ingin slalu bisa membahagiakan orang2 yang berada disekitar ku