WAKTU

3.26.2012

METHOD DAN PARAMETER

I. Konsep Method

Method bisa kita definisikan sebagai suatu implementasi operasi yang dilakukan oleh Class dan Objek yang sudah kita bahas sebelumnya  di sini. Method adalah kumpulan Program yang mempunyai nama, Program harus di bungkus dalam method, karena dengan method kita bisa memanggil kumpulan program hanya dengan memanggil nama method nya sehingga pekerjaan jadi lebih singkat dan tidak boros dalam menuliskan program dan lagi program menjadi lebih terstruktur praktis dan pastinya efisiensi listing dapat berlaku, Terlebih untuk listing yang banyak digunakan dengan kode yang sama J.
Method merupakan sarana bagi seorang programmer untuk dapat memodularisasi yang berarti membreak atau memecah program komplek menjadi bagian bagian kecil sehingga dapat dipanggil secara berulang ulang. Mungkin kalau temen temen sudah mempelajari Delphi pasti kenal dengan yang namanya procedure, method dalam java hampir dibilang sama dengan fungsi procedure dalam Delphi.
Sebuah Method Dalam Java Dapat berperan menjadi 2 jenis yakni Fungtion Dan Procedure dimana,
Fungtion adalah Bagian atau Sub Program yang memiliki algoritma tertentu di dalam menyelesaikan suatu permasalahan yang akan mengembalikan hasilnya. Sedangkan.
Procedure adalah bagian atau Sub Program yang memiliki Algoritma tertentu di dalam menyelesaikan suatu permasalahan tanpa mengembalikan hasilnya, dan secara umum method dalam Java adalah Sebuah Fungsi J.
Method yang tidak mengembalikan data ( Procedure ) diberikan tipe Void, sebagai contoh :
static void javaeko();
// dimana merupakan method yang bernama javaeko yang tidak mengembalikan nilai.
Sementara Method yang bisa mengembalikan Nilai ( Fungtion ) menggunakan Statement Return dan tipe data, sebagai Contoh :
Static int javaeko(int e);
Return e;
// dimana method yang bernama javaeko yang mengembalikan nilai bertipe data integer.
// yang hanya memilikit 1 parameter yaitu e dan bertipe data integer
// Return adalah keyword untuk mengebalikan suatu nilai ( fungtion ).
Catatan penting :
  • Method yang dipanggil dengan method static haruslah static
  • Method yang tidak static hanya bisa dipanggil melalui method yang tidak static dan mekanisme instansiasi.
  • Jika mau memanggil method yang dalam satu class maka method harus static
II. Konsep Parameter

Parameter adalah Suatu Nilai yang dapat diubah ubah dari luar untuk menentukan hasil yang akan di tampilkan. Perhatikan hal berikut :
  • Mengirim —> Parameter Aktual // yang dimain
  • Mengerima —> Parameter Formal
Bingung ya hahahaha coba langsung aja perhatikan contoh listing kodenya yoooo \(^.^”) berikut ini adalah contoh Method yang tidak mengembalikan NIlai ( tanpa parameter ).

1class cintaeko{
2static void tampil(){
3System.out.print("AKu Sayang Sekali sama Dia Dia dan Dia... ");
4}
5public static void main(String[] args) {
6tampil();
7System.out.print("ERIYANAH");
8}
9}

// Maka Hasilnya: AKu Sayang Sekali sama Dia Dia dan Dia… ERIYANAH
Kalau yang ini contoh method yang tidak mengembalikan nilai juga tapi menggunakan parameter :

01class belajarmethodeko{
02static void tampil(int e){
03System.out.println("Nilai k: "+e);
04}
05public static void main(String[] args) {
06int k;
07for (k=0; k<3; k++){
08Cetak(k);
09}
10System.out.println("Nilai k terakhir: "+k);
11}
12}

// Maka Hasilnya:
NIlai k: 0
NIlai k: 1
NIlai k: 2
NIlai k terakhir: 3
Catatan penting :
  • Static void tampil(int e) Ă  int e adalah suatu parameter formal.
  • Cetak(k). k adalah parameter actual atau parameter yang dimasukkan
Contoh Terakhir yakni method yang dapat mengembalikan Nilai :

1class eko{
2static int Kuadrat(int bil){
3return bil*bil;
4}
5public static void main(String[] args){
6int x=4;
7System.out.println(x +" kuadrat adalah "+ Kuadrat(x));
8}
9}
// Maka Hasilnya: 4 kuadrat adalah 16

catatan penting : lebih dikenal dengan sebuat method static dan non static :
  • Methode Static yakni method yang dapat dipanggil walaupun kelas belum diinstansiasi jadi objek.
  • Mehod non-Static yakni method yang tidak dapat dipanggil jika kelas belum diinstansiasi jadi objek.
A.TUGAS I BINTANG

Dengan Script sebagai berikut :
/**
 * @(#)bintang.java
 *
 *
 * @author
 * @version 1.00 2012/3/25
 */
public class bintang {
public static void  segitigabintangbernilai4()
{
    for (int a=0;a<5;a++)
    System.out.print("*");
    System.out.println("*");
    for (int b=0;b<4;b++)
    System.out.print("*");
    System.out.println("*");
    for (int c=0;c<3;c++)
    System.out.print("*");
    System.out.println("*");
    for (int d=0;d<2;d++)
    System.out.print("*");
    System.out.println("*");
    for (int e=0;e<1;e++)
    System.out.print("*");
    System.out.println("*");
    for (int f=0;f<0;f++)
    System.out.print("*");
    System.out.println("*");
    }
public static void main (String [] args )
    {
    System.out.println("Segitiga bintang bernilai 4");
    System.out.println();
    segitigabintangbernilai4();
    System.out.println("\n");
    System.out.println("\n");
    System.out.println("\n");
    System.out.println("\n");
    System.out.println("\n");
    System.out.println("\n");
   
    }
    }
Dengan hasril Out put adalah  KLIK

B.TUGAS II PENGURANGAN DAN PENJUMLAHAN

I.Script A dengan file Tugas1.java
/**
 * @(#)tugas1.java
 *
 *
 * @author
 * @version 1.00 2012/3/23
 */
class tugas1{
    double a;
    double b;
    double c;
    double d;
    double o;
    double k;
{
c=a+b;
k=d-o;
}
{
a=a;
b=b;
d=d;
o=o;
}
}
 Hasil Output   KLIK
 
II.Script B dengan file hasil1.java

public class hasil1 {
public static void main( String [] args)
{
int a,b,c,d,o,k;
a=30;
b=30;
c=a+b ;
d=20;
o=10;
k=d-o;
//cetak variable
System.out.println("hasil pertambahan dan pengurangan");
System.out.print("pertambahan :" + a);
System.out.print("+"+b);
System.out.println("=" + c);
System.out.println("pengurangan:");
System.out.print(d);
System.out.println(-o);
}       
}
Hasil Output KLIK

No comments:

Post a Comment

BIODATA GW NICH...?????

Jakarta, Islam, Indonesia
Aku ingin slalu bisa membahagiakan orang2 yang berada disekitar ku