WAKTU

7.16.2008

Bagaimana Virus ????

virus komputer…siapa takut!!!


Komputer merupakan salah satu barang elektronika yang sangat dibutuhkan oleh masyarakat Indonesia saat ini. Ada dua bagian utama pada komputer, yaitu hardware dan software. Software dibagi dalam beberapa bagian pula yaitu Operating system (OS) misal Microsoft Windows®, Linux, dan MacOS® beserta software pendukung Operating system tersebut.

Sama halnya seperti manusia yang rentan terserang penyakit. Komputer pun rentan pula terserang penyakit terutama penyakit akibat serangan virus terhadap sistem operasi. Dari tiga sistem operasi yang sering didengar di telinga pengguna komputer di Indonesia, Microsoft Windows lah yang sering terkena imbas terberat terhadap serangan virus. Virus pada OS ini ada beberapa level yaitu dengan kekuatan rendah (low stealth), kekuatan menengah (middle stealth) dan kekuatan tinggi (high stealth). Yang membedakan di antara ketiga tipe virus itu hanyalah kecepatannya dalam menginfeksi dan merusak sistem operasi yang sedang bekerja pada komputer.

Cara virus masuk (port de entry) lewat berbagai media penyimpanan diantaranya yaitu disket, flash disk dan harddisk. Sekarang ini fenomena flashdisk sedang mewabah dengan hebatnya seiring dengan penurunan harga jualnya dan begitu pula dengan perkembangan virus juga mengikuti perkembangan flashdisk. Flashdisk yang dicolokkan(plug in) dari satu komputer ke komputer yang lain mengakibatkan penyebaran yang begitu cepat dari virus. Virus ini mempunyai kemampuan untuk mengelabui lawan (dalam hal ini sistem operasi) dengan bisa menggandakan diri, bermutasi dan berjalan dengan otonom/mandiri. Jadi apabila satu virus masuk ke dalam flashdisk maka ia akan menyembunyikan dirinya dalam berbagai bentuk/ format. Bisa format dengan ekstensi .exe, zip, rar atau bahkan dalam bentuk folder. Ia biasanya mengelabui lawannya dengan menuliskan nama file yang menarik pengguna komputer misalnya dengan menggunakan nama artis, nama program, nama aplikasi permainan dan lain sebagainya.

Lalu bagaimana cara untuk mengenali secara dini terhadap infeksi virus di komputer?. Jadi virus sekarang ini kebanyakan yang menyerang di Indonesia adalah virus varian/jenis atau bikinan orang Indonesia sendiri. Sehingga cukup sulit dikenali oleh program penghalang virus (antivirus). Untuk penyebaran virus luar negeri sekarang tidaklah terlalu hebat karena dengan perkembangan antivirus, pakar vrius dunia bisa mencegah masuknya virus ke komputer. Untuk mengenali virus indonesia pengguna komputer harus hati-hati dengan kebiasaannya untuk membuka suatu file yang sungguh menarik menurut kita akan tetapi sebenarnya menurut kita file itu tidak pernah berada pada harddisk atau flashdisk. Ciri komputer yang sudah terinfeksi virus indonesia adalah hilangnya folder option, task manager, registry editor bahkan ada yang sekarang ini bisa menonaktifkan klik kanan. Selain itu kinerja komputer menjadi menurun akibat begitu banyaknya virus menggunakan resource memory (kapasitas memory RAM). Ciri lainnya adalah dengan melihat tipe file yaitu bentuk folder, flash player, aplikasi dengan ekstensi exe, zip dll. Tipe file folder pada umumnya tidak mempunyai ukuran. Sehingga apabila ada folder yang mempunyai ukuran maka sudah bisa dipastikan bahwa komputer anda sudah terinfeksi virus.

Ada berbagai cara ampuh untuk memusnahkan virus yang sudah terlanjur menginfeksi sistem operasi pada komputer yaitu dengan menggunakan program task manager selain yang ada di windows (program yang lain sejenis task manager) yang fungsinya untuk mematikan aktivitas sementara virus itu. Kemudian matikan system restore untuk mencegah infeksi virus berulang. Setelah itu cari aplikasi remover virus yang bisa kalian akses di situs vaksin .com atau bisa kalian akses pula pada situs antivirus terkemuka seperti symantec.com, grisoft.com dll. Setelah itu baru bersihkan virus dengan antivirus yang lengkap dengan update terbarunya. Kemudian sering muncul pertanyaan dibenak kita antivirus manakah yang paling ampuh di dunia ini untuk mengenal virus?. Untuk menjawab pertanyaan ini jawabannya tergantung berada di manakah Ia sekarang ini, apakah di Indonesia atau luar negeri. Kalau di indonesia gunakanlah antivirus buatan indonesia dengan update tercepat. Dengan harapan kita bisa dengan mudah mengetahui cirivirus itu sehingga dapat dengan mudah menghilangkannya. Jadi sebenarnya tidak ada antivirus yang sempurna di dunia ini, pada intinya bagaimana kewaspadaan kita terhadap virus dan pengetahuan kita terhadap virus. Dengan dua bekal itu maka yakinlah anda akan siap menggempur terhadap “armada perang “ virus berbahaya yang siap menyerang sistem operasi komputer anda setiap saat. So stay update with virus…(ajib).

No comments:

Post a Comment

BIODATA GW NICH...?????

Jakarta, Islam, Indonesia
Aku ingin slalu bisa membahagiakan orang2 yang berada disekitar ku