WAKTU

7.07.2008

Membuat Daftar Isi Pada Microsoft Word Dengan Reference

Microsoft Word (MW) 2003 menyediakan sebuah fitur, yang baru saya tahu setelah menggunakan MW selama 6 tahun, untuk mempermudah kita dalam membuat daftar isi, alias table of content (TOC). Fitur ini bernama reference. Dalam penggunaannya, reference akan membuat sebuah TOC berdasarkan style Heading yang kita applikasikan pada setiap judul bab dan sub-bab dokumen yang kita buat.

Untuk judul bab, kita menggunakan style ‘Heading 1′, untuk judul sub-bab kita dapat menggunakan style ‘Heading 2′ atau ‘Heading 3′, sesuai dengan level dari sub-bab tersebut. Misal, untuk sub-bab 2.2., kita menggunakan ‘Heading 2′, untuk sub-bab 2.2.2., kita menggunakan ‘Heading 3′. Setiap Heading mempunyai font dan ukuran masing-masing, yang berikutnya dapat kita ubah sesuai keinginan kita.

Setelah kita mengaplikasikan Heading pada semua judul bab dan sub-bab dari dokumen kita, langkah berikutnya adalah meng-generate TOC dengan menggunakan reference. Klik insert-reference-index and tables.

Pilih tab Table of Contents, lalu klik OK. Dan ini hasilnya…

Jika kita mengadakan perubahan pada dokumen, misalnya perubahan jumlah dan nomor halaman, penghapusan bab atau sub-bab, kita tinggal klik kanan pada TOC, lalu pilih Update field.
Dan ini kesimpulan dari seluruh tahap yang ditulis di atas :
1.Mengaplikasikan style Heading pada setiap judul bab dan sub-bab dari dokumen
2.Membuat TOC secara otomatis dengan mengklik insert-reference-index and tables
3.Memilih tab table of contents dan menentukan tampilan yang kita inginkan
4.Klik OK
5.Update TOC dengan mengklik kanan di TOC, lalu memilih Update field
Demikian selesai TOC dari seluruh dokumen kita hanya dalam 5 langkah. Efisien, efektif, namun saya terlambat memanfaatkannya… Jika ada kesalahan silakan dikoreksi…

1 comment:

BIODATA GW NICH...?????

Jakarta, Islam, Indonesia
Aku ingin slalu bisa membahagiakan orang2 yang berada disekitar ku